Advokasi Duta Masyarakat untuk SDGs dan CSO Indonesia untuk United Nation High-Level Political Forum “Ensuring that No One is Left Behind” di New York

INFID – High-Level Political Forum (HLPF) 2016 merupakan platform terpusat PBB untuk menindaklanjuti dan meninjau Sustainable Development Goals (SDGs). Forum ini akan mengesahkan Ministerial Declaration. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2016. Forum ini berlangsung selama 9 hari yang bertempat di Markas Besar PBB di New York.

Dengan disahkannya Ministerial Declaration diharapkan dapat mengamanatkan terbentuknya kepemimpinan politik, pandauan dan rekomendasi terhadap pelaksanaan dan tindak lanjut SDGs; melacak kemajuan pelaksanaan SDGs; memacu kehorensi kebijakan berdasarkan temuan, pengetahuan, dan pengalaman tiap negara; serta untuk menangani isi yang baru dan berkembang terkait dengan pelaksanaan SDGs di tiap negara.

Dalam hal ini, posisi INFID adalah sebagai perwakilan Civil Society Organizations (CSO) dari Indonesia. Menurut Sekar Panuluh selaku Program Associate SDGs INFID menyatakan bahwa posisi CSO disana adalah untuk mengawal isu yang berkembang di HLPF dan mereview program SDGs kedepannya. Dalam forum tersebut INFID juga terlibat dalam diskusi dalam kegiatan-kegiatan HLPF.

Dari INFID sendiri mengirimkan perwakilannya terdiri dari Hamong Santono selaku Senior Program Officer SDGs INFID, Mickael Bobby Hoelman Senior Advisor INFID, dan Muhammad Farhan selaku Duta Masyarakat Sipil untuk SDGs, serta dua perwakilan dari Oxfam.