Kertas Posisi Tata Kelola SDGs

  • Monday, 01 October 2018 23:51
  • Kertas Kerja
  • 0 Berkas di unduh

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) berambisi untuk melampaui Tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals/MDGs) dalam mengadopsi proses–proses inklusif yang mengikutsertakan semua pihak, pendekatan sistemik, inovatif dan berorientasi masa depan (berkelanjutan), terutama di era di mana permasalahan lingkungan global kini semakin banyak dipicu oleh akibat–akibat dari aktivitas manusia.

Tata kelola dibutuhkan untuk mengakselerasi implementasi Agenda 2030 dan memobilisasi semua sarana yang dibutuhkan agar dapat mewujudkan visi tersebut menjadi kenyataan.

Akuntabilitas merupakan alat pengaman kesepakatan global TPB. Akuntabilitas adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan TPB, sebagai proses tindak–lanjut dan pemantauan (follow–up and review). Akuntabilitas dibutuhkan guna mengukur keberhasilan pencapaian 17 Tujuan dan 169 Target dalam TPB. Pengukuran disertai adanya tolak ukur dan indikator nasional, serta melalui mekanisme pertanggungjawaban yang terutama dimulai dari tingkat nasional.

Prinsip utama yang mendasari pelaksanaan TPB secara nasional adalah inklusivitas, tata kelola pemerintahan yang terbuka yang mencakup transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan integritas, serta kerjasama kemitraan multi–pihak

Kertas Posisi Tata Kelola SDGs