Menuju Pembangunan Yang Lebih Berkeadilan Di Indonesia

  • Wednesday, 20 March 2019 15:15
  • Buku , Publikasi
  • 3 Berkas di unduh

Pada September sampai Desember 2018, International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) menyelenggarakan penelitian dan pengkajian mengenai sumber-sumber penyebab ketimpangan di Indonesia. Adapun bidang yang menjadi fokus penelitian dan pengkajian adalah pajak, perumahan, ketenagakerjaan, gender, sumber pertumbuhan, penguasaan sumber daya alam, dan pertanian dalam pasar terbuka. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif.

Pada saat yang sama INFID melaksanakan survei dalam bentuk persepsi warga. Pengambilan data dilaksanakan dari Agustus hingga Oktober 2018. Laporan ini merupakan hasil dari kompilasi atas pekerjaan tersebut.

Adapun tiga tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah, pertama, memperbarui data-data sumber dan penyebab ketimpangan di Indonesia. Kedua, menyusun rekomendasi lebih mutakhir dan terkini sebagai masukan bagi pengambil kebijakan dan pihak-pihak terkait. Ketiga, mendukung strategi dan efektivitas program pemerintah untuk menurunkan ketimpangan sosial ekonomi di Indonesia.

Penyelenggaraan tujuh penelitian kualitatif dan satu penelitan kuantitatif dalam bentuk survei warga ini, dengan dukungan peneliti yang kompeten di bidangnya. Para peneliti tersebut adalah (1) Herni Hendlaningrum, penelitian tentang pajak; (2) Pihri Buhaerah, penelitian tentang perumahan; (3) Abdul Waidl, penelitian tentang ketenagakerjaan; (4) Listyowati, penelitian tentang gender; (5) Khalisah Khalid, penelitian tentang penguasaan sumber daya alam; (6) Rachmi Hertanti, penelitian tentang sumber pertumbuhan dan pertanian dalam ekonomi terbuka; (7) Bagus Takwin, penelitian kuantitatif survei persepsi warga.

Sebagian besar data kualitatif menggunakan data-data sekunder dalam kurun waktu tiga tahun ke belakang. Sementara itu, sumber-sumber data yang digunakan untuk memperkuat penelitian ini antara lain berasal dari OECD, SUSENAS, BPS, laporan World Economic Forum dan Global Wealth Databook.