Seminar dan Lokakarya : Diseminasi Pembangunan Berkelanjutan Sejalan Dengan Nawacita

sdgs - ntt 2

sdgs - ntt 3

INFID – Pada Jumat, 17 Juni 2016 International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) bekerjasama dengan Universitas Katolik Widya Mandira dan Vivat Indonesia mengadakan seminar dan lokakarya yang berjudul “Mentransformasi Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Acara tersebut untuk menguatkan pemahaman kepada Pemerintah Daerah tentang Sustainable Development Goals (SDGs).

Seminar tersebut menghadirkan narasumber, diantaranya: Susilo Bambang Yudhoyono, perwakilan dari Kantor Staff Presiden, BAPPENAS, Duta SDGs Indonesia, beberapa perwakilan dari INFID, Rektor Universitas Katolik Widya Mandira dan Pengembangan Inisiatif dan Advokasi Rakyat (PIAR) NTT.

Dalam seminar tersebut, Sugeng Bahagijo selaku Executive Director INFID memberikan materi tentang tantangan SDGs di Indonesia dan peran masyarakat sipil. Universitas Katolik Widya Mandira sebagai tuan rumah dari acara ini berharap agar nantinya civitas akademika mampu bersinergi dalam pewujudan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tujuan diadakannya seminar dan lokakarya ini adalah untuk diseminasi ide tentang SDGs dalam mempercepat kinerja pembangunan di NTT. Sebenarnya agenda SDGs ini selaras dengan agenda Nawacita Presiden Joko Widodo. Nawacita merupakan 9 program yang digagas untuk mewujudkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan kepribadian dalam kebudayaan.

Di dalam 9 program Nawacita ada beberapa poin capaian yang selaras dengan SDGs diantaranya tentang kemiskinan, kualitas pendidikan, keadilan gender, pembangunan ekonomi yang inklusif dan akses energi yang berkelanjutan.