Tak Hanya Diskusi Bisnis dan HAM, INFID Melakukan Field Visit di Medan dan Pontianak

INFID – Selasa (28/6) International NGO Forum on Indonesian Development bersama dengan Oxfam Indonesia dan Indonesia Global Compact Network (IGCN) mengadakan acara untuk mempromosikan United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGP) di Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Medan tepatnya di Hotal Santika Dyandra dan pada Kamis (14/7) juga melaksanakan acara yang serupa di Pontianak.

DI Jakarta sebelumnya, INFID juga telah melaksanakan acara diskusi tentang penerapan UNGP di Indonesia. Namun, yang berbeda dari acara di Medan dan Pontianak ini adalah, tim INFID melakukan field visit atau kunjungan lapangan dengan mengunjungi wilayah perkebunan, perusahaan, organisasi atau serikat buruh yang dianggap perlu untuk mengetahui situasi langsung di lapangan.

Tidak hanya kunjungan lapangan, INFID juga melakukan presentasi program dan diskusi tentang situasi Bisnis dan HAM terutama pada pekerja di sektor perkebunan kelapa sawit, pangan, dan agrikultur serta berbagi informasi mengenai tantangan, peluang, dan lesson learned dari program serupa yang pernah dijalankan.

Acara tersebut berlangsung cukup lama dengan beberapa agenda sharing informasi dan ditutup dengan acara makan malam bersama. Dalam acara tersebut, banyak sekali peserta diskusinya, terlihat ada beberapa perwakilan dari Civil Society Organizations (CSO) lokal yang bergerak untuk isu kelapa sawit, serikat buruh di sektor perkebunan sawit, serikat tani di sektor perkebunan sawit, beberapa perwakilan dari sektor bisnis, pemerintah daerah terkait dan dari media.