MoU INFID-Serdang Bedagai: Memperkuat Implementasi Kabupaten/Kota HAM

  • Wednesday, 14 November 2018 14:01
  • Artikel , Berita
  • 1005x dibaca.

INFID, Wonosobo – INFID menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Penandatanganan dilakukan pada hari Rabu, 13 November 2018, berbarengan dengan acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia 2018 di Wonosobo, Jawa Tengah. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh INFID yang diwakili Senior Program Officer HAM dan Demokrasi INFID, Mugiyanto, dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai yang diwakili oleh Bupati Soekirman.

MoU ini berisi tentang komitmen kerja sama kedua pihak untuk melakukan langkah-langkah menuju pelaksanaan Kabupaten Serdang Bedagai yang ramah HAM. Hal-hal yang dicakup dalam MoU ini pertama tentang kerja sama untuk melakukan pendidikan dan pelatihan HAM kepada aparat pemerintah daerah dan organisasi masyarakat sipil lokal. Kedua, komitmen untuk merumuskan peraturan daerah atau perda tentang Kabupaten Serdang Bedagai sebagai kabupaten HAM.

Bupati Soekirman menyatakan langkah tindak lanjut dari pascapenandatanganan MoU dengan INFID adalah sosialisasi agenda Serdang Bedagai kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sergai.

“Nomor satu saya akan menyosialisasikan hal ini ke Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Dinas Pendidikan, dan PKK. PKK itu di dalamnya ada P2TP2A untuk menyusun judul-judul ke depan dalam rangka mencapai, meningkatkan, menyuburkan kabupaten ramah HAM,” ungkap Soekirman yang mengaku membawa 12 delegasi ke Festival HAM Indonesia 2018.

“Kedua merumuskan kerja sama, partnership. Itu kami harapkan kepada INFID karena membumikan agenda Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 itu kan internasional, nah kami di daerah kan perlu dibantu oleh lembaga-lembaga nasional. Sebagai contoh kalau tidak direkomendasikan oleh INFID, saya kemarin tidak hadir di World Human Rights Cities di Gwangju, Korea Selatan,” katanya.

Acara Festival HAM Indonesia sendiri merupakan acara tahunan INFID yang telah diselenggarakan semenjak tahun 2014. Pada tahun ini INFID bekerja sama dengan Komnas HAM, Kantor Staf Presiden (KSP), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Festival HAM Indonesia merupakan acara yang bertujuan untuk menyebarluaskan program Kabupaten/Kota HAM sebagai upaya pemenuhan HAM di Indonesia.

Acara ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan praktik kehidupan yang toleran di berbagai daerah, baik di tingkat lokal, nasional maupun regional sebagai salah satu perwujudan dari program Kabupaten/Kota HAM. Tahun ini, Festival HAM Indonesia diadakan di Wonosobo, Jawa Tengah, 13-15 November 2018.