5 Film Bertemakan Perubahan Iklim yang Seru untuk Ditonton


  • Monday, 19 December 2022 09:00
  • Artikel
  • 0 Berkas di unduh
  • 244x dibaca.

5 Film Bertemakan Perubahan Iklim yang Seru untuk Ditonton

Oleh: Finastri Annisa

Perubahan iklim menjadi isu yang mulai ramai dibahas saat ini secara global. Kendati demikian diskusi mengenai perubahan iklim di Indonesia masih belum menjadi perbincangan umum.

Di Indonesia, diskusi mengenai perubahan iklim masih sebatas digelar di kalangan akademisi dan elite pengambil kebijakan. Di tataran masyarakat luas, diskusi mengenai perubahan iklim belum jamak dilakukan. Indonesia pun didaulat sebagai negara yang penduduknya paling tidak percaya dengan pemanasan global yang mengakibatkan terjadinya krisis iklim saat ini. Untuk itu, sulit membumikan isu perubahan iklim kepada masyarakat luas di Indonesia.

Namun, hal itu bisa disiasati lewat film. Melalui film, penyampaian isu perubahan iklim kepada masyarakat akan menjadi lebih ringan dan terlalu serius seperti diskusi yang kerap diadakan oleh para akademisi. Dengan demikian pesan terkait isu perubahan iklim bisa dicerna dan diterima dengan mudah oleh masyarakat. Berikut sejumlah film yang bisa menjadi tontonan seru dan menarik untuk mengetahui lebih jauh tentang seperti apa perubahan iklim dan seberapa nyata efeknya.

1. The Troublemaker

Film dokumenter ini mengisahkan tentang beragam upaya protes dan gerakan memperjuangkan kebijakan yang pro terhadap perubahan iklim. Dilatarbelakangi oleh fenomena kerusakan iklim yang berlangsung secara global, film ini hadir untuk mengingatkan kita akan pentingnya meresponsnya dengan cara yang lebih radikal dan mengglobal.

Karena itu lah film tersebut menyorot kehidupan Roger Hallam, seorang co-founder Extinction Rebellion, sebuah gerakan yang menyuarakan kerusakan iklim di dunia. Agar suaranya didengar, Roger menginisiasi serangkaian protes terhadap kerusakan iklim tanpa kekerasan, namun dengan cara yang lebih ekstrem dan radikal.

Selain Roger, film ini juga menyoroti Sylvia Dell, aktivis lingkungan yang juga terlibat dalam serangkaian protes ekstrem dan radikal namun nirkekerasan. Hal itu ia lakukan semata-amat agar suaranya ihwal kerusakan iklim didengar oleh para pengambil kebijakan di level global.

2. I’m Greta

Film dokumenter ini mengisahkan tentang Greta Thunberg, seorang aktivis remaja yang menyuarakan soal krisis iklim global. Kehadiran Greta Thunberg memancing perhatian dunia saat berpidato di parlemen Swedia pada 2018. Saat itu ia berpidato tentang kerusakan iklim global.

Dalam film ini pula diperlihatkan perjalanan aktivisme Greta ketika menyuarakan krisis iklim global. Hingga akhirnya Greta muncul menjadi sosok yang dikenal secara luas lewat aksinya di parlemen Swedia dan pidatonya di Climate Action Summit di markas PBB di New York pada 2019.

Lewat film ini, secara tak langsung kita juga diingatkan bahwa isu krisis iklim merupakan isu semua kalangan termasuk para remaja. Isu krisis iklim yang telah mengglobal bukan hanya konsumsi kalangan dewasa dan para pengambil kebijakan. Semua pihak termasuk kalangan muda dan masyarakat biasa berhak dan bisa menyuarakan pentingnya upaya penyelamatan terhadap krisis iklim global.

3. Youth v Gov

Film dokumenter ini mengisahkan tentang 21 anak muda yang menggugat kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) lantaran melanggar konstitusinya sendiri tentang perlindungan terhadap hak asasi manusia (HAM).

Sejumlah HAM dilanggar oleh pemerintah AS yang kebijakannya tidak menghiraukan krisis perubahan iklim. Lewat film ini kita diajak untuk memahami bahwa HAM dan perubahan iklim saling berkaitan. Tanpa disadari, banyak kebijakan pemerintah yang menyepelekan perubahan iklim dan pada akhirnya mengancam hak hidup masyarakat.

Lewat film ini pula kita disadarkan bahwa isu perubahan iklim merupakan isu semua kalangan. Siapapun itu, baik dari kalangan muda hingga kelompok marjinal, berhak menyuarakan isu perubahan iklim demi terjaganya hak hidup umat manusia.

4. 2040

Film ini mengisahkan kekhawatiran seorang ayah bernama Damon, terhadap Bumi yang akan ditinggali putrinya di masa depan di tengah ancaman pemanasan global.

Damon pun mencoba mencari solusi agar bumi di masa depan tetap lestari hingga putrinya dewasa. Ia lalu memulai perjalanan global untuk bertemu dengan para inovator dan pembuat perubahan di bidang ekonomi, teknologi, masyarakat sipil, pertanian, pendidikan, dan keberlanjutan.

Berdasarkan keahlian mereka, dia berusaha mengidentifikasi solusi terbaik, yang tersedia bagi kita sekarang. Film tersebut menggambarkan harapan yang bahwa pemanasan global bisa dihadapi jika kita tidak mengabaikan kemunculannya.

5. Don’t Look Up

Film ini menceritakan kisah seorang profesor sains dan muridnya yang lebih muda yang menemukan komet yang mendekat dengan cepat. Komet tersebut akan mencapai Bumi dan kemungkinan akan menghancurkannya. Bersama-sama, mereka perlu meyakinkan pemerintah serta publik tentang ancaman eksistensial dan konsekuensi bencana yang mungkin terjadi pada umat manusia. Namun, tugas itu lebih sulit daripada yang mereka pikirkan ketika tidak ada yang menanggapinya secara serius.

Dalam film ini kita diperlihatkan bahwa masyarakat modern ternyata tak sepenuhnya mempercayai sains. Lewat film ini pada akhirnya kita disadarkan bahwa menyadarkan publik terhadap bencana alam yang sudah terlihat jelas faktanya, termasuk pemanasan global, sangatlah berat.

Dari film-film tersebut, ada beberapa pelajaran penting untuk kehidupan kita saat ini, dalam rangka menghadapi perubahan iklim:

  • Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada alam, tapi pada seluruh aspek kehidupan manusia.
  • Perubahan iklim berasal dari, dapat berdampak, dan memerlukan solusi sistemik.
  • Menghadapi perubahan iklim, tentu butuh kebersamaan dengan seluruh pemangku kepentingan juga masyarakat.
  • Anak muda menjadi pihak yang paling terdampak dan punya peran penting untuk menghadapi perubahan iklim, terlebih anak muda adalah generasi penerus bangsa selanjutnya.

Semoga lewat film-film tersebut kita bisa mengambil banyak pelajaran dan bergegas untuk menghadapi perubahan iklim yang sedang terjadi.