Kajian Cepat Masyarakat Sipil 2021-2022


  • Wednesday, 21 September 2022 10:00
  • Buku , Publikasi
  • 8 Berkas di unduh
  • 304x dibaca.

International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) bekerjasama dengan Action for Sustainable Development (A4SD) menyusun laporan “People Scorecard” untuk memberikan gambaran implementasi dan tren keseluruhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) di Indonesia dari perspektif masyarakat sipil.

Riset menggunakan Rapid Assessment Procedures (RAP), sesuai Toolkit People’s Scorecard yang disusun oleh Action For Sustainable Development. Riset berpusat pada 10 indikator yang bertujuan untuk mengukur persepsi kolektif dan agregat dari proses implementasi SDGs oleh koalisi masyarakat sipil yang berpusat pada tiga bidang utama yaitu kebijakan publik, kapasitas kelembagaan, dan tata kelola pemerintahan yang inklusif.

Riset disusun melalui tiga langkah utama yaitu a) Survei online; b) Diskusi Terfokus; dan c) Ulasan Ahli. Survei online diisi oleh 66 responden. 47% yang mengisi adalah perempuan dan 53% lainnya adalah Laki-Laki. Apabila dilihat dari perannya, 52% yang mengisi adalah pengambil kebijakan dalam organisasi, yaitu Direktur Eksekutif, Pendiri dan Koordinator Nasional, sementara 48% diantaranya adalah pelaksana program. Sementara diskusi terfokus diikuti oleh 5 lembaga masyarakat sipil (CSO) yang dilakukan secara daring pada tanggal 11 Agustus 2022. Untuk ulasan ahli dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2022 dengan mengundang 1 ahli dari pakar penelitian dan 2 Perwakilan Masyarakat Sipil.