Serah Terima Dokumen Usulan Perpres Dana Abadi OMS



Serah Terima Dokumen Usulan Perpres Dana Abadi OMS dari Pokja Perpres Pendanaan LSM Indonesia kepada Kantor Staf Presiden RI dan Kementerian PPN/BAPPENAS

Kelompok Kerja (Pokja) Perpres Pendanaan LSM merupakan inisiatif dari beberapa LSMm untuk mendorong pemerintah agar mengeluarkan kebijakan dukungan pendanaan bagi LSM. Kebijakan tersebut dianggap penting sebagai bentuk komitmen negara menguatkan elemen masyarakat sipil dalam meningkatkan demokrasi dan mendorong pembangunan yang inklusif.

Pokja ini terdiri dari International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), Konsil LSM Indonesia, Perkumpulan Prakarsa, Institut KAPAL Perempuan, Transparansi Internasional Indonesia (TII), Penabulu Foundation, Indonesia Untuk Kemanusiaan, dan REMDEC Swaprakarsa, dengan dukungan Ford Foundation.

Saat ini, Pokja telah menyelesaikan tiga dokumen, yaitu; (i) Background paper yang mencakup urgensi, sumber, skema, tata kelola pendanaan, mekanisme operasional hibah kompetitif, dan tingkat dukungan; (ii) Usulan Rancangan Perpres Dana Abadi OMS, dan; (iii) Naskah Penjelas Rancangan Perpres Dana Abadi OMS.

Sehubungan dengan telah selesainya tiga dokumen tersebut, Pokja kemudian melakukan audiensi luring sekaligus serah terima dokumen kepada pemerintah, dalam hal ini Kedeputian V Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (6 Desember 2021), dan Direktorat Politik dan Komunikasi Kementerian PPN/BAPPENAS (1 Desember 2021).

Unduh dokumen Background Paper : Pembentukan Dana LSM di Indonesia